Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pasutri

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pasutri - Menjaga kesehatan reproduksi merupakan hal yang sangat penting bagi pasangan suami-istri. Ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan reproduksi anda baik berupa faktor eksternal maupun internal. Kesehatan reproduksi yang baik memiliki hubungan langsung dengan status kesehatan anda secara keseluruhan. Kesehatan reproduksi yang memiliki kondisi yang bagus menjadi penentu kesuburan ovum dan sperma. Ada baiknya untuk menjaga kesehatan reproduksi dengan baik daripada melakukan untuk perawatan kesuburan di kemudian hari. Kesehatan reproduksi yang baik akan membuat anda menjadi lebih “subur” dan juga mengatur periode menstruasi anda. 

Beberapa pasangan suami-istri dengan kesehatan reproduksi yang layak akan beruntung dengan kesempatan terbaik untuk memiliki bayi yang sehat. Kesehatan reproduksi juga tergantung pada diet, gaya hidup, kondisi medis, kondisi lingkungan pekerjaan dan masih banyak lagi. Masalah yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi bahkan dapat mempengaruhi kehidupan anda dengan stres ,emosional dan kecemasan.

Pengetahuan tentang segala hal yang berguna untuk menjaga sistem reproduksi anda agar selalu sehat adalah sebuah keniscayaan. Pada saat yang sama, sangat penting juga untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi fungsi reproduksi anda. Dengan mengetahui faktor-faktor ini akan membantu anda menghindari resiko gangguan pada sistem reproduksi anda. Di bawah ini akan dibahas beberapa tips untuk menjaga kesehatan reproduksi pasutri dengan baik

Diet
Diet memiliki peran penting dalam menjaga sistem reproduksi anda agar selalu sehat. Hindari makanan cepat saji karena sebagian besar zat aditif dan pengawet pada makanan jenis ini akan mempengaruhi kesuburan Anda. Konsumsilah daging segar, ikan dan sayuran daripada memilih makanan siap saji. Dan upayakan menkonsumsi camilan sehat seperti buah dan kacang-kacangan ketimbang cokelat.

Saran dan Informasi secara medis
Jika Anda menemukan gejala yang menunjukkan adanya masalah dengan sistem reproduksi anda, penting untuk mencari saran dan informasi secara medis. Mendeteksi dan mengidentifikasi masalah dalam tahap awal akan membantu Anda untuk memperbaikinya di awal.
Secara medis ada banyak kondisi yang dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi Anda. Kondisi itu dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi Anda termasuk diabetes, masalah tiroid, masalah anatomi dan kekurangan gizi. Mengontrol kondisi-kondisi tersebut agar selalu prima akan membantu anda meningkatkan kesehatan secara keseluruhan serta kesehatan reproduksi.

Berhenti merokok
Jika Anda ingin menjaga kesehatan reproduksi yang baik, anda harus berhenti merokok. Merokok akan mempengaruhi sistem reproduksi laki-laki dan wanita. Merokok dapat menyumbat arteri dan dapat menyebabkan vasospasme. Kedua kondisi pada akhirnya akan mengakibatkan disfungsi ereksi pada pria.

Tidak mengkonsumsi alkohol
Hidup tanpa mengkonsumsi alkohol tidak hanya akan menjaga kesehatan anda secara keseluruhan agar tetap prima, tetapi juga akan membuat dan menjaga sistem reproduksi anda agar tetap sehat. Alkohol akan langsung maupun tidak langsung bertindak dan mempengaruhi hipotalamus di otak, kelenjar pituitary, ovarium dan testis. Alkohol juga dapat mengurangi jumlah testosteron dalam darah.

Berat badan yang sehat
Menjaga berat badan dengan benar adalah sangat penting dalam hal menjaga sistem reproduksi anda. Peningkatan berat badan dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dan mengganggu tingkat kesuburan. Melakukan olahraga secara teratur akan membantu anda untuk menjaga kesehatan reproduksi agar tetap dalam kondisi baik. Ini akan memperbaiki sebagian besar kondisi medis yang berkaitan dengan kelebihan berat badan pada pria dan wanita.

Berlatih Yoga
Berlatih yoga adalah cara terbaik untuk menjaga sistem reproduksi Anda sehat. Ini akan membantu untuk menjaga keseimbangan antara pikiran dan tubuh, dengan demikian akan berguna untuk menjaga kesehatan anda secara keseluruhan dan sistem reproduksi Anda. Beberapa pose gerakan yoga sangat berguna untuk menjaga sistem reproduksi anda agar tetap sehat dan menguatkan fungsi organ reproduksi anda.

Gaya Hidup Sehat
Gaya hidup anda memiliki efek langsung pada kesehatan reproduksi anda. Lingkungan kerja dan sifat pekerjaan dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi Anda. Merokok, narkoba yang berlebihan, alkohol atau steroid akan berdampak buruk pada kesehatan anda. Mempertahankan gaya hidup sehat merupakan suatu keharusan untuk dapat memiliki sistem reproduksi yang sehat.

Hindari lingkungan kerja yang berbahaya
Lingkungan kerja yang berbahaya adalah alasan yang paling kuat penyebab terjadinya sebagian besar kasus infertilitas pria. Hindari paparan radiasi, bahan kimia dan panas yang konstan atau hal-hal sejenisnya. Hindari paparan bahan kimia seperti pestisida, pelarut industri dan lainnnya karena akan mempengaruhi kesehatan reproduksi Anda dengan waktu yang singkat.

Semoga tips-tips di atas menjadi salah satu sumber informasi anda untuk dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan sistem reproduksi anda demi mendapatkan anak-anak yang sehat dan cerdas di kemudian hari. 

0 komentar