Tanaman Herbal Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Tanaman Herbal Untuk Kesehatan Ibu Hamil - Kesehatan ibu hamil memang sangatlah penting guna menjaga kesehatan bayi yang ada di dalam kandungannya, berikut ini beberapa tanaman herbal alami yang bisa menjaga kesehatan bagi ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungannya. 

Apabila dilihat dari sisi pembuatannya, makan obat herbal yang masih segar, adalah yang paling aman. Hal tersebut karena belum tercampur dengan bahan-bahan kimiawi lainnya. Namun dari sisi kandungannya, jenis herbal Fitofarmaka adalah obat herbal yang paling baik untuk ibu hamil, karena sudah melalui uji klinis.

Tips Memilih Obat Herbal untuk Ibu Hamil yang ingin mengkonsumsi obat herbal, sebaiknya memperhatikan poin-poin sebagai berikut:


Pastikan khasiat dan efek sampingnya tidak membahayakan kandungan dan janin. Obat herbal yang bersifat diuretic (peluruh kencing) seperti daun kumis kucing, kejibeling, gempur batu dan mengkudu dapat menyebabkan kekurangan cairan. The herbal yang mengandung raspberry bahkan dapat menimbulkan kontraksi. Anda juga harus menghindari obat herbal yang memiliki efek hipolikemik (menurunkan gula darah), seperti akar tanaman sawo yang dapat menyebabkan ibu hamil tidak bertenaga.

Pastikan proses pengolahannya tepat dan tidak sembarangan. Sebagai contoh, buah mahkota dewa yang dikeringkan tidak sempurna, bisa menyebabkan keracunan.

Patikan dosis dan takarannya pas. Sebagai contoh pemberian rumput Fatimah yang berlebihan dapat menyebakan kontraksi berlebihan, pendarahan bahkan kematian janin di dalam kandungan. Konsumsi cabai berlebihan juga dapat menyebabkan sakit perut, maag, dan diare. Bahkan ibu hamil yang mengkonsumsi wortel berlebihan akan meningkatkan tekanan dalam otak karena betakaroten di lemak bisa mengendap.

Patikan bahan obat herbal yang akan anda konsumsi, bersih dan higienis. Hal ini bertujuan menghindari dari infeksi dan kontaminasi bahan berbahaya.

Ibu hamil masih boleh mengkonsumsi obat herbal dari bahan dasar habbtussauda (jinten hitam), namun pada usia diatas trimester kedua. Obat herbal yang juga disarankan dikonsumsi ibu hamil adalah minyak zaitun. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam minyak zaitun akan membantu proses persalinan menjadi lancar.

Ringkasan :

Obat Herbal dikelompokan menjadi tiga yaitu, Jamu, Herbal Terstandar, Fitofarmaka,
Sebelum mengkonsumsi obat herbal, ibu hamil harus memperhatikan khasiat, efek samping, proses pengolahan, dosis dan kebersihan bahan,
Minyak zaitun dan habbtussauda boleh dikonsumsi ibu hamil pada usia trimester ke atas.

0 komentar