Tanaman Herbal Untuk Menyembuhkan Penyakit Bisul

Tanaman Herbal Untuk Menyembuhkan Penyakit Bisul - Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang terasa sakit dan berisi nanah. Benjolan ini muncul akibat infeksi bakteri yang memicu inflamasi pada folikel rambut, yaitu lubang tempat rambut tumbuh. Bagian tubuh yang paling sering diserang bisul adalah wajah, leher, ketiak, bahu, bokong, serta paha. Dan biasanya akan terlihat seperti ada nanah putih di tengah-tengahnya apabila disentuh akan terasa sakit.

Bisul yang sudah matang ditandai dengan perubahan warna dari kemerahan menjadi putih, dimana jaringan yang terinfeksi terlihat seperti busuk. Bisul biasanya akan pecah dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Nah, sekarang kita lanjutkan pada pokok permasalahan. Bagaimana cara mengobati bisul dengan bahan alami? Simak penjelasan berikut ini:

Bunga Pukul Empat
Bunga yang biasa ditanam di halaman sebagai tanaman hias ini ternyata bermanfaat juga untuk pengobatan. Salah satunya bisa digunakan untuk mengobati bisul. Caranya, ambil 10 lembar daun kembang pukul empat, lalu dicuci bersih. Tumbuklah daun tersebut dengan garam secukupnya. Lalu tempelkan ramuan tersebut pada bisul dan balut dengan perban. Ganti perban dan ramuannya setiap hari.

Tempuyung
Sediakan batang dan daun tempuyung segar secukupnya, kemudian dicuci bersih dan ditumbuk hingga halus. Ramuan tersebut ditempelkan pada bisul. Lakukan secra rutin 2 kali sehari.

Tanaman Sidaguri
Tanaman ini bisa digunakan untuk mengtasi bisul yang sudah kronis. Caranya, iris tipis batang dan akar sidaguri kering (kurang lebih 60 gram). Tambahkan gula merah (30 gram) dan air matang secukupnya sampai bahan terendam seluruhnya, lalu tim. Setelah dingin, minum airnya sekaligus.

Daun Inggu
Segenggam daun inggu dicuci bersih lalu digiling halus. Hasil gilingannya diperas dan air perasannya ini dicampur dengan bubuk indigo. Gunakan ramuan tersebut untuk memoles bisul.

Sesuru
Tanaman sesuru ini sangat mirip dengan bunga kamboja dan bisa digunakan untuk mengobati bisul. Caranya, ambil batang sesuru secukupnya kemudian dipotong tipis, hangatkan diatas api kecil. Letakkan di atas bisul atau radang kulit.

Selain batang, cabang atau ranting sesuru ini juga bisa dijadikan obat bisul. Cabang sesuru segar dibuang kulitnya, ditumbuk halus lalu diperas. Airnya dioleskan pada bisul atau kurap dan sekelilingnya. Lakukan 2 kali sehari.


Bisul akan mudah terjadi jika kondisi tubuh seseorang sedang menurun, kelelahan, dan kebersihannya kurang terjaga. Karena itu menjaga kebersihan sangatlah penting. Semoga artikel mengenai cara mengobati bisul ini bisa bermanfaat bagi para pembaca.

0 komentar